Saturday, April 11, 2009

Netbok Pake Nano

Posted by giel at 3:03 PM

Nano, alternatif prosesor netbook selain Atom dan Geode

Ketika netbook pertama kali muncul, kita mendapat dua pilihan penggunaan prosesor. Beberapa perusahaan menawarkan Intel Celeron, sementara yang lainnya memberikan opsi Via C7-M. Lalu tiba-tiba Intel merilis Atom, Via pun mulai ditinggalkan.

Via tidak mau menyerah begitu saja, mereka hadir kembali untuk meramaikan pasar netbook dengan mengeluarkan Via Nano, sebuah prosesor yang diciptakan untuk melawan dominasi Atom. Via memberikan kehormatan kepada Samsung untuk menjadi perusahaan pertama yang menggunakan prosesor ini pada netbook mereka.

Netbook yang terlihat di gambar adalah Samsung N20, netbook komersial pertama yang menggunakan prosesor Via Nano. Seperti sepupunya, Samsung NC20, N20 memiliki layar berukuran 12,1 inchi dengan spesifikasi teknis yang mirip. Perbedaan kritis hanya terdapat pada penggunaan prosesornya saja.

Lalu apa keuntungan membeli netbook berprosesor Nano? Harusnya, yang paling terasa adalah perbedaan harga. Netbook Nano wajib lebih murah dari netbook Atom jika Via mau mengejar ketinggalannya dari Intel. Tetapi, anehnya, Samsung N20 dijual dengan harga sekitar Rp 6,2 juta. Sama sekali tidak murah.

0 comments on "Netbok Pake Nano"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez