Wednesday, April 8, 2009

Microsoft Benci Pembajak

Posted by giel at 2:18 PM

Aksi bajak-membajak software selalu membuat Microsoft gerah. Karena aksi ini mustahil untuk diberantas, Microsoft terus memperbaharui cara untuk mengurangi dampak kerugian akibat beredarnya software bajakan. Sambil memamerkan jajaran terbaru Games for Windows di Games Developers Conference 2009 yang berlangsung di San Fransisco AS, Microsoft memperkenalkan sisem anti-bajak untuk game yang didistribusikan secara online yang mereka sebut zero-day piracy

"Zero-day piracy mencegah game yang diedarkan secara ilegal sebelum rilis bisa dimainkan. Caranya, data dalam game dienkripsi. Jika ada pengguna yang mengaktifkannya, sistem akan melakukan pengecekan apakah game tersebut sudah dirilis atau belum. Setelah ok, sistem akan mengirimkan kode agar game bisa dimainkan" menurut Drew Johnston, Product Unit Manager Microsoft Game Studios menjelaskan, seperti dilansir dari Arstechnica. Jadi, jika Anda mengunduh game yang seharusnya belum boleh tersedia (leaked game), atau membeli game yang dijual sebelum waktunya, Anda tidak akan bisa memainkanya sebelum game tersebut di-unlocked secaar online.

"Kami mendengar keluhan dari developer game tentang kerugian yang mereka alami akibat peredaran game sebelum waktunya. Jika dihitung-hitung, kerugian tersebut mencapai setengah dari angka pendapatan mereka" Johnston menambahkan. "Sistem ini diciptakan khusus untuk mengurangi dampak tersebut." Menurutnya, sistem zero-day piracy melindungi lisensi, bukan copyright. Siapa pun bebas mengunduh game, kapan saja sepuasnya. Namun untuk mengaktifkannya, akan diperlukan key yang disediakan oleh developer.

0 comments on "Microsoft Benci Pembajak"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez