Tuesday, December 23, 2008

Jepang Ciptakan Software Mimpi

Posted by giel at 10:48 AM

Sebagian orang mungkin penasaran dengan mimpi yang dianggap sebagai bunga tidur. Berbagai pendekatan ilmu telah lama dicoba untuk meneliti tentang faktor-faktor penyebab terjadinya mimpi. Untuk menunjang penelitian itu, dikembangkanlah sebuah program yang dapat merekam kerja otak saat seseorang tidur.

Beberapa ahli komputer Jepang mencoba mengembangkan sebuah program komputer yang dapat memetakan dan merekam kerja otak ketika seseorang sedang tertidur pulas. Aktivitas otak, kemudian akan terekam dan diterjemahkan ke layar komputer.

Tim dari ATR Computational Neuroscience Laboratories mengatakan sedang menciptakan teknologi yang dapat menerjemahkan setiap aktivitas otak saat tertidur menjadi sebuah gambaran singkat. Hasil gambaran itulah yang akan digunakan untuk menguak misteri mimpi..

Teknologi ini adalah yang pertama di dunia yang memungkinkan visualisasi atas apa yang dilihat manusia berdasarkan aktivitas otak. Melalui teknologi ini semua kejadian yang ada di otak akan terekam dan dapat diputar jika ingin mengungkapkan mimpi.

Bergunakah teknologi ini? Tergantung dari sisi mana Anda melihatnya. Dari sisi keingintahuan, tentu saja cukup berguna untuk menjawab keingintahuan Anda tersebut. Dari sisi ilmu pengetahuan? Rasanya kurang berguna. Tapi penemuan nyeleneh seperti ini selalu ada di Jepang, negara dengan kreatifitas dan imajinasi yang luar biasa.

2 comments on "Jepang Ciptakan Software Mimpi"

yoyo on December 24, 2008 at 11:44 PM said...

ada² saja jepang nih, saking pinternya sampe isa mbikin sopwer mimpi... hebat euy :)

GST Training on August 4, 2017 at 1:30 PM said...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez