Tuesday, April 21, 2009

Netbook MSI Wind Tahan 25 Jam

Posted by giel at 6:19 PM

Bayangkan, sebuah netbook yang bisa digunakan seharian.

Pertarungan memperebutkan gelar netbook paling hemat daya terus berlanjut. Beberapa baterai netbook mampu bertahan selama 9 jam. Namun ternyata ada satu yang berhasil bertahan lebih lama. Jauh lebih lama.

Uji daya tahan baterai ini bukan aktivitas resmi yang dilakukan oleh MSI, melainkan oleh beberapa orang yang tergabung di situs Eee.PC.de. Dalam uji coba tersebut, mereka berhasil menembus angka 25 jam untuk daya tahan baterai MSI Wind U115.

MSI Wind adalah sebuah netbook hybrid yang menggunakan HDD dan SSD. Fitur ini menjelaskan kenapa U115 sangat hemat daya. Angka 25 jam dicapai oleh unit yang menggunakan baterai 9 cell. Aplikasi yang digunakan dalam uji coba ini adalah Battery Eater, sebuah aplikasi benchmark yang biasa digunakan untuk menguji daya tahan baterai laptop (notebook dan netbook).

Perlu diingat bahwa aplikasi Battery Eater mengetes daya tahan maksimum yang mampu dicapai oleh sebuah baterai, bukan kemampuan dari laptop itu sendiri. Pengetesan dilakukan pada laptop yang telah disetting ke modus power saving dan dalam posisi idle, alias tidak digunakan untuk menjalankan aplikasi apa pun. Angka 25 jam yang berhasil dicapai U155 tentu akan berkuran drastis jika netbook ini digunakan secara normal. Diperkirakan, U115 mampu bertahan selama 15 jam jika digunakan untuk websurfing saja.


0 comments on "Netbook MSI Wind Tahan 25 Jam"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez