Tuesday, April 21, 2009

Kunci Handphone Dengan Lambaian Tangan

Posted by giel at 6:29 PM

Teknologi accelerometer ternyata bisa dikombinasikan dengan sistem keamanan.

Kini fungsi accelerometer tidak hanya terbatas untuk mematikan alarm atau bermain game saja. Teknologi yang bisa mendeteksi gerakan tersebut nantinya bisa digunakan untuk mengunci folder yang ada di handphone Anda hingga menjalankan aplikasi hanya dengan menggerakan tangan.

Aplikasi yang digarap oleh departemen riset KDDI dan Yoshinori Hatori dari Tokyo Institute of Technology ini memanfaatkan sensor gerak untuk mendeteksi gerakan tangan pengguna. Namun sebelum bisa dikenali, gerakan tersebut harus didaftarkan dulu ke handphone yang bersangkutan. Aplikasi ini merekam gerakan tangan pengguna berdasarkan beberapa variabel, seperti panjang tangan pengguna, struktur otot, dan gaya memegang handphone.

Menurut para peneliti, kemungkinan orang lain menyalah gunakan sistem keamanan ini hanya 4%. Presentase terebut akan semakin berkurang jika orang lain tidak ada yang mengetahui pola gerakan tangan yang dilakukan oleh pengguna. Belum ada pernyataan resmi mengenai tanggal rilis aplikasi ini, namun KDDI dan partner mengungkapkan mbahwa mereka masih menyempurnakannya hingga seakurat mungkin.

0 comments on "Kunci Handphone Dengan Lambaian Tangan"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez