Tuesday, April 21, 2009

Instalasi Paket Paket Tambahan OpenBSD

Posted by giel at 6:40 PM


Mau nerusin nie...!!!(^_^)
Langsung aja yah. Diasumsikan kita sudah berhasi menginstal openBSD. Kalau toh belum bisa dilihat di sini. Tutorialnya bahasa inggris sih, tapi dijamin paham kok karena disertai gambar instalasinya....

Lanjut...
Selama pertapaan bersama openbsd kemarin, ada beberapa paket yang ditambahkan. Tapi disni kita ambil secara garis besarnya saja. OK!!!Lanjut lagi.

Menurut pengalaman, paket yang paling penting adalah "nano". Fungsinya untuk editing file. Karena menurut pengalaman, segala macam penyetingan aplikasi server openbsd adalah dengan mengedit ataupun menambahkan file sesuai aplikasi yang akan kita buat. So, (menurut pengalaman lagi) nano adalah yang paling useful untuk editing file.

Cara instalasinya menggunakan perintah pkg_add (name paket). Dengan asumsi kita telah masuk di direktory dimana paket berada denga akses atau login root. Untuk menginstal nano dibutuhkan 2 paket tambahan lagi. Dikarenakan nano bukanlah paket tunggal. So, untuk menginsal nano kita juga harus menginstal "libiconv" dan "gettext".

instal gettext

# pkg_add -v gettext-0.17.tgz

option -v digunakan untuk mengetahui lebih proses instalasi. Kemudian instal libiconv

# pkg_add -v libiconv-1.12.tgz

baru instal nano

# pkg_add -v nano-2.0.7.tgz

OK...!!!

Untuk keterangan lebih lanjut silakan buka situs resmi di openbsd.org. Ataupun silakan kunjungi om yang selalu baik hati di sini.

Wait The Next Edition ...

0 comments on "Instalasi Paket Paket Tambahan OpenBSD"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez