Tuesday, April 21, 2009

Baju Iron Man Di Jepang

Posted by giel at 5:58 PM

Ingin punya kekuatan seperti Iron Man? Anda bisa menggunakan pakaian Hybrid Assistive Limb (HAL) ini. Meski pun tidak bisa terbang, pakaian ini dapat meningkatkan tenaga fisik penggunanya hingga sepuluh kali lipat. Melalui sensor yang menempel di kulit, HAL menangkap sinyal bioelektrik yang dikirim otak ketika menginstruksikan sel otot untuk bergerak. Sinyal tersebut diterjemahkan oleh sebuah chip komputer yang kemudian menentukan berapa banyak energi yang harus dikeluarkan untuk menggerakan pakaian.

HAL diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, Cyberdyne. Sankai Yoshiyuki, pendiri perusahaan tersebut, adalah seorang profesor dari Universitas Tsukuba yang terobsesi dengan novel karangan Isaac Asimov, I Robot. Obsesi tersebut menginspirasinya menciptakan pakaian robot dengan kemampuan cyborg ini. HAL merupakan pakian robot pertama yang bisa dibeli oleh masyarakat umum.

Pakaian ini diciptakan untuk tujuan mulia, meski bukan untuk memerangi kejahatan. HAL dapat digunakan oleh orang yang menderita lumpuh karena stroke atau kerusakan syaraf tulang belakang. Selain itu, pakaian ini juga ideal untuk pekerjaan berat, misalnya membantu menanggulangi bencana. Dalam pemakaian normal, baterai HAL mampu bertahan selama lima jam. HAL sudah memasuki masa produksi dan akan dijual dengan harga sekitar Rp 45 juta. Wow, seharga Kawasaki Ninja ya ??

0 comments on "Baju Iron Man Di Jepang"

Post a Comment

 

Giel's Note Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez